PEMANFAATAN SITUS KARANGKAMULYAN UNTUK KEPENTINGAN PENDIDIKAN DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH

yeni wijayanti

Abstract


The Karangkamulyan site is an archaeological site of megalithic, Hindu Buddhism and Islam. This site was developed as one of the attractions in Ciamis District. However, the utilization as a learning resource in history learning is lacking. The method of research is descriptive qualitative method. The findings showed that visitors who came to Karangkamulyan Site were dominated by the general public with the objectives of nature tourism, while the problems found from the school were there were no permission from the principle, limited hours of study, the additional cost to the location, not distributed publications about Karangkamulyan Site. The conclusion of this paper is that this site can actually serve as an effective historical learning resource considering its location close to the schools. Karangkamulyan site can be utilized by using the method of learning field trip / excursion.

 Keywords: utilization, Karangkamulyan Site, education, learning history

 

Situs Karangkamulyan merupakan situs tinggalan arkeologis megalitikum, Hindu-Buddha, dan Islam. Situs ini dikembangkan sebagai salah satu objek wisata di Kabupaten Ciamis. Namun, pemanfaatannya sebagai sumber belajar dalam pembelajaran sejarah masih kurang. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Temuan yang didapatkan menunjukkan bahwa pengunjung yang datang ke Situs Karangkamulyan didominasi oleh masyarakat umum dengan tujuan wisata alam, sedangkan masalah yang ditemukan dari pihak sekolah adalah tidak adanya izin dari kepala sekolah, jam pelajaran yang terbatas, perlu biaya tambahan untuk ke lokasi, dan tidak terdistribusikannya publikasi tentang Situs Karangkamulyan. Simpulan tulisan ini adalah bahwa situs ini sebenarnya dapat dijadikan sebagai sumber pembelajaran sejarah yang efektif mengingat lokasinya dekat dengan sekolah-sekolah. Situs Karangkamulyan dapat dimanfaatkan dengan menggunakan metode pembelajaran karyawisata/ekskursi/fieldtrip.

 Kata Kunci: pemanfaatan, Situs Karangkamulyan, pendidikan, pembelajaran sejarah

 



Full Text:

PDF

References


Agung, Leo dan Sri Wahyuni. 2013. Perencanaan Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta: Ombak.

Aman. 2011. Model Evaluasi Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta: Ombak.

Fountain, Gregor ; Michael Harcourt dan Mark Sheehan. May 2011. “Historical Significance And Sites Of Memory”. Set: Research Information for Teachers (Wellington). p26. (http://go.galegroup.com/ps/i.do?id=GALE%7CA272739076&v=2.1&u=kpt04022&it=r&p=GPS&sw=w&asid=5465b1453cddef5f20c9642060e4575c)

Furchan, Arief. 2011. Pengantar Penelitian Dalam Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ghufron. 2009. Pelajaran Islamisasi Melalui Metode Resitasi dengan Objek “Menara Kudus”. Tesis, Pascasarjana. Surakarta: UNS.

Lubis, Nina Herlina, dkk. 2013. Sejarah Kerajaan Galuh. Bandung: Yayasan MSI.

Sharer, Robert J & Wendy Ashmore. 2003. Archaeology: Discovering Our Past. New York: The Mcgraw-Hill Companies.

Sjamsudin, Helius. 2012. Metodologi Sejarah. Yogyakarta: Ombak.

Thoifuri. 2008. Menjadi Guru Inisiator. Semarang: Rasail.

Tuti. 2014. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Sejarah. Ciamis: tp.

Sjamsuddin, Helius. 2012. Metodologi Sejarah. Yogyakarta: Ombak

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Widja, I Gde. 1991. Sejarah Lokal: Suatu Perspektif dalam Pengajaran Sejarah. Bandung: Angkasa.

Wijayanti, Yeni. 2015. Pengembangan Media Audio Visual Situs Sejarah Kerajaan Galuh Dalam Pembelajaran Sejarah Untuk Meningkatkan Kesadaran Sejarah Siswa Di SMK Taruna Bangsa Ciamis. Tesis, FKIP. Surakarta: UNS.




DOI: https://doi.org/10.24164/pw.v6i1.136

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 PURBAWIDYA: Journal of Archaeological Research and Development

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Indeksasi Purbawidya :

 

Copyright of Purbawidya (e-ISSN 2528-3618 p-ISSN 2252-3758). Powered by OJS.

Designed by Irwan Setiawidjaya.

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.